Tips : Biar Tidak Kehabisan Ide Menulis Di Blog

Saya bukan orang yang berkompeten di bidang IT, bukan pula orang jurnalis, bukan lulusan dari ilmu komunikasi, dan sudah JELAS saya bukan CELEB BLOG! Jadi sangat tidak tepat bertanya kepada saya bagaimana supaya tetap bisa terus menulis di blog tanpa kehabisan ide tulisan. Jadi jangan tanya saya lagi yaa.. Tapi ya sudah, saya buatkan saja listnya supaya anda mendapatkan jumlah tulisan yang banyak di blog Anda. Sehingga blog anda dinamis dan akhirnya pengunjungnya pun makin banyak karena penasaran, hari ini, o’o bahkan pagi ini tulisan Anda apa ya..? Siang ini tulisan Anda apa ya? Malam ini tulisan Anda apa ya? (kayak makan obat ya..?), hehehe.
1.Ingat hukum yang pertama: Yang penting menulis dalam jumlah yang banyak, kualitas kesampingkan dulu. Tips ini saya dapatkan dari beberapa seleb blog.
2.Supaya banyak, tuliskan apa pun yang ingin anda tulis. Tidak harus nyambung dengan tema blog anda, apa pun tulis saja. Kalau saya mengibaratkan, Anda hardolin pun tulis saja (hardolin = dahar, modol, ulin) . Bahkan kegiatan ngantuk dan tidur Anda pun bisa anda tuliskan. Lebih hebat lagi kalau Anda bisa menulis sambil bermimpi.
3.Siapkan akses internet anywhere, anytime. Dengan teknologi selular sekarang, semua menjadi mudah. Atau, Anda bermodalkan beli teh botol, nongkrong di cafe yang ada hotspot gratisan.
4.Bawa laptop kemana pun anda pergi, sehingga anda bisa ngblog dimana pun kapan pun. Kalau laptop terlalu besar, coba pikirkan untuk memiliki PDAphone atau sejenis itu.
5.Foto atau gambar bisa mengungkapkan beribu kata. Untuk itu, siapkan kamera. Minimal kamera saku, dan pilih yang digital, karena kalau pake film anda akan repot kudu nyuci dan cetak dulu. Kamera ini Anda pergunakan untuk memperkuat cerita Anda. Kalau bisa Anda memiliki asisten atau bahkan menggaji seorang fotografer sehingga dapat memotret seluruh kegiatan Anda, bahkan ketika Anda sedang terlelap dalam tidur. Kalau belum mampu, coba kemana-mana bawa tripod, sehingga Anda dapat memotret dengan menggunakan timer. Tetapi kalau motret Anda lagi tidur ada ga ya kamera yang timernya bisa sampai 2 jam? Aha, gampang.., Anda pura-pura saja tidur, lalu biarkan kamera memotret dengan sendirinya.
6.Sebaiknya anda melengkapi diri juga dengan audio recorder, sehingga anda dapat merekam percakapan atau wawancara anda. Lalu anda buatkan podcasting nya juga. Keren kan..
7.Jangan mau dengarkan omongan orang lain (update: yang tidak seide dengan) tentang tulisan Anda. Maju terus, nulis terus. Tulis saja apa yang Anda yakini Anda benar. Jangan dengar komentar kiri dan kanan (update: yang bertentangan dengan tulisan Anda, atau mengkritik tulisan Anda). Kalau ada yang mengoreksi tulisan Anda, arahkan perdebatan sehingga Anda dengan mudah dapat mengeluarkan kata ini: ad hominem.
8.Supaya terlihat keren dan ilmiah, usahakan paling tidak ada 2-3 link referensi di tulisan Anda. Misalnya merujuk ke wikipedia, ke Mbah Google, dll. Artinya biar kata tulisan Anda adalah kegiatan Anda makan sate, tetapi Anda bisa kasih link referensi. Misalnya berapa jumlah lemak yang terkandung dalam satu tusuk sate.
9.Tambahan dari Antonius: Tebalkan telinga anda mendengar omelan anak istri, karena ayah dan suaminya ngedon terus di depan komputer ngablog melulu.
Demikianlah tips dari saya. Semoga bermanfaat. Saya harap rekan lainnya bisa turut menambahkan. Salam...

0 Comments to "Tips : Biar Tidak Kehabisan Ide Menulis Di Blog"

Posting Komentar